24 November 2012

Sifat NAIF

"NAIF" mungkin kita semua sering mendengar kata tersebut entah dari teman, saudara, televisi, radio, dll. Tapi apakah kita semua tahu arti dari naif itu sendiri?, Bagaimana perasaan anda jika ada sahabat anda yang tiba-tiba bilang kepada anda, bahwa anda itu "NAIF" trus anda tidak tahu maksud dari naif itu sendiri.

Mungkin anda akan melakukan seperti apa yang saya lakukan untuk mencari arti kata tersebut, yupz saya langsung aja browsing untuk mencari arti kata tersebut dan hasil yang saya dapat ternyata naif memiliki dua maksud yang berbeda. maksud pertama ke arah yang positif, dan maksud kedua ke arah yang negatif.

Tidak langsung percaya dengan hasil browsing yang saya dapat, saya mencoba untuk mencari kembali arti kata tersebut dalam kamus besar bahasa indonesia, dan hasil yang saya dapat yaitu;
naif (adjective) 1 sangat bersahaja; tidak banyak tingkah; lugu (karena muda dan kurang pengalaman); sederhana: gambar-gambar -- penuh menghiasi dinding kamarnya; 2 celaka; bodoh; tidak masuk akal: -- nya, kerugian sebanyak itu hanya diganti sepertiga.

Saya mulai mengintrospeksi diri saya, mungkin saya ini memang agak sedikit naif (merujuk ke makna yang pertama). Tapi nggak ada salahnya juga memiliki sifat tersebut, asalkan nggak berlebihan juga.

Naif menurut pengertian yang saya simpulkan, adalah orang yang polos, agak kekanak-kanakan, dan memandang hidup selalu lurus tanpa kelokan, dan setiap proses hidup selalu bahagia, tanpa derita, atau bermuram durja.. (heheh)

Mungkin ilustrasi yang saya ambil ini bisa sedikit lebih memahamkan anda tentang makna naif.

Sore mulai beranjak petang namun hujan masih saja tak kunjung reda. Kadang manusia,  ketika sedang bahagia lupa memaknai bahwa suatu saat akan merasa sedih. Ketika suatu saat berteman, maka bukan tidak mungkin suatu saat akan tidak berteman. Ketika sedang jatuh cinta, lupa memaknai bahwa bisa saja dari cinta itu kita lupa memikirkan tentang patah hati, kecewa, atau bahkan benci. ketika seseorang menerima kebaikan orang lain, lupa bahwa orang lain itu juga manusia yang selalu punya salah dan tempatnya khilaf dan  manusia juga punya sifat buruk yang mungkin saja muncul secara tiba-tiba. 

Kadang ketika seorang teman yang kita percaya tiba-tiba berkhianat, kita lupa memaknai bahwa sifat seseorang tidak selalu baik, sama halnya dengan diri kita, penuh salah dan khilaf. Dan mungkin hal itu yang membuat kita kecewa, karena dengan kenaifan kita terlalu berharap yang muluk-muluk dalam hidup, tanpa memikirkan kemungkinan yang bisa saja terjadi. Sejatinya, dunia umumnya hanya berisi kefanaan belaka.

Keekstreman dalam hidup, termasuk dengan nasib dan hubungan dengan banyak orang juga merupakan  kejutan. Memaknai naif mungkin salah satu kejutan indah dalam sebuah kehidupan. Karena kenaifan membuat saya belajar banyak hal.

Ada beberapa sisi naif yang bisa dipandang baik. Sisi untuk berfikiran positif dan sisi untuk berkhusnudzon (bersangka baik) dengan apapun. Tapi disisi lain, belajar untuk tidak berebih-lebihan dan memahami bahwa kehidupan itu berisi banyak paketan-paketan yang kadang mengejutkan, bisa memberi makna bagaimana kita bisa lebih mengerti arti kekecewaan. Dan “belajar memahami, sebelum memarahi”, jadi pelajaran tersendiri.

‘Life is still beautiful, isn’t it?’..i hope..

11 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Life will alwys beautifull as long as u trust it will be.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. :'' kerenlah artinya slama ini smua org suka ngatain gua terlalu naif bahkan sahabat sendiri

    BalasHapus
  5. setelah baca postingan yang ini, gua jadi tau, mungkin gua termasuk orang yang naif ya walau temen temen lebih sering mengganggap gua lugu

    BalasHapus
  6. Kalo menurut science : Naif adalah mensetujui mendahulukan pikiran atau firasat awal dari otak, dengan belum atau tidak memahami realitas yang ada.

    Naif biasa dialami sistem yang baru terbentuk atau belum matang.

    Penilaian subyektif saya yaitu naif biasa dialami orang muda. So easy going aja.. Jadi semua orang juga mengalaminya dalam kadar yang berbeda.

    Live up your live ... :)

    BalasHapus
  7. Apa hubungannya naif sm sombong?

    BalasHapus
  8. Apa hubungannya naif sm sombong?

    BalasHapus
  9. Noted: kehidupan kadang berisi paketan-paketan yang mengejutkan

    BalasHapus